My experience with GNU/Linux

Curhat – curhat dikit nih,,,,sekalian buat latihan softskill.. πŸ™‚

gw kenal linux semenjak masih kelas 3 STM. waktu itu gw blum tertarik banget pake linux … distro yang gw pake waktu itu mandrake. mandrake gw gabungin sama mesin windows xp. karena masih bingung cara make ni OS. akhirnya selama 2 tahun sebelum gw kuliah di gunadarma gw lebih sering pke mesin windows.

setelah masuk gunadarma gw tertarik sama salah satu distro yang sering banget di pake sama anak2 komunitas IT gunadarma kalimalang (GXRG) yaitu UBUNTU. akhirnya gw minta tolong untuk di pandu buat install dan kebetulan gw baru aja di beliin gear baru. gw start install dari jam 3 sore ampe jam 8.30, dari panduan tersebut banyak hal yang gw dapet dari para senior. thanks to all gxrg crew..

setelah OS ubuntu dipasang di mesin Acer, gw mulai sering ngotak-ngatik yang namanya Linux. pengalaman buruk gw pada waktu itu ubuntu gw error, g bisa install dan remove software apapun, ini mungkin karena waktu itu gw coba ngedit file – file konfigurasi yang ada di /etc. akhirnya gw coba – coba maen ke salah satu forumnya para pengguna linux di http://forum.linux.or.id/ ternyata ada paket yang belum terinstall dengan benar,,, yang membuat dpkg jadi terkunci. sedikit g nyambung si hehehe… tapi emang itulah kenyataanya.

Masalah error g bikin gw putus asa buat selalu ngoprek2, hari – hari gw laluin bersama dengan linux. setiap tugas kampus gw selalu coba pake linux, praktikum bahasa pemrograman seperti basic,pascal,cobol yang notabanenya program yang jalan di dos windows gw jalanin di linux pake aplikasi namanya dosbox. sampai 2 gw kerjain laporan akhirnya pakai openoffice bawaan ubuntu.

gw juga sempet heran pas mau coba ngeprint pke printer yang udah lumayan jadul, canon s200spx . pke linux ubuntu. dan ternyata bisa ngeprint tanpa bantuan software drivernya… hehehe ajaib… hal ini mungkin karena kernel linux yang baru udah mampu mendeteksi lebih banyak perangkat-perangkat keras.. (KEREN)

Disela – sela gw menggunakan linux, gw sempatin buat ngotak – ngatik mesin windows. biasanya di windows gw lebih sering buat maen game sama bikin program berbasis windows seperti vb dan delphi, selain aktifitas itu gw pke linux. gw ketagihan pke linux sumpah !! bener kata yang bikin ni kernel linux (Linus Torvalds). dia bilang Linux Like a Sex … tapi klo gw bilang si lebih ..

Oke, curhatannya segitu aja,, gw juga cape klo diceritain terus… hehehe πŸ™‚

Kesimpulan yang gw ambil :

Linux lebih aman, stabil, fast, powerpull, etc…

Operating system dengan kode terbuka seperti linux itu membuat kita lebih kreatif, setiap baris scriptnya bisa di edit-edit. pakai os opensource bagaikan menari dialam terbuka … sangat luas dan penuh imjinatif… tapi karena masih muda dan masih dalam tahap pembelajaran semua ilmu harus diterima (OPEN MIND). karena g menutup kemungkinan semua ilmu yang udah kita pelajari nantinya berguna baik buat dirisendiri dan orang lain…

Linux it’s free Linux it’s better so Gets Linux !!!

http://distrowatch.com/

This entry was posted in Linux. Bookmark the permalink.

One Response to My experience with GNU/Linux

  1. lsdfsdgl says:

    saat ini megang distro apa bang?

Leave a Reply

