DOSBox DOS emulator

Dosbox adalah sebuah perangkat lunak atau emulator yang digunakan untuk menjalankan program yang berbasis ms-dos. Dengan bantuan DosBox program-program yang notabanenya jalan di ms-dos seperti bahasa pemrograman basic, cobol, fotran, dan aplikasi yang berjalan di dos, bisa dijalankan pada platform selain microsoft.

Solusi penggunaan dosbox pernah gw pake pada saat praktikum fortran, gaya dikit g mau beralih ke windows dulu coz lagi nyaman2nya pke linux… hehehe 🙂

langsung aja gan install dosboxnya, ane install di ubuntu..

root@abi71:~# apt-get install dosbox

klo g ada koneksi inet bisa download disini http://dosbox.com/download.php

Siapkan Fortran atau aplikasi dos lainya yang mw di running, misal gw taro di direktori user => /home/abi71/fotran.
kemudian mounted ke Dosbox.. gunanya untuk membuat drive virtual di dosbox…

Run DosBox

root@abi71:~# dosbox &

Mount direktori ke dosbox, pada shell dosbox ketikan..

Z:\>mount c /home/abi71/fotran

Jika dapet pesan ” Drive is mounted as local directory /home/abi71/fotran/ ” tinggal pindah direktori, next running deh program fotrannya..

Z:\>c:
C:\>watfor.exe

Happy *NIx 🙂

Advertisements
This entry was posted in Linux. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s