Manual Install bt4 final dengan shellscript

Bingung mau bikin judul apa, yah intinya si mau install manual backtrack 4 final seperti referensi yang udah gw dapet di blog Murray. Cuma bedanya gw bikin shellscript sederhana biar lebih enak dan simple tentunya, jadi kita cuma input partisinya aja… 🙂

Pertama buat dan sediakan partisi kisaran 15 Gb, bisa pake gparted, paragon, atau software sejenisnya. next burning iso backtrack ke usb pake unetbootin. setelah selesai, copy script installbt4.sh dibawah ini ke usb (jangan diletakan didalam folder yah.. 🙂 )

#!/bin/bash
#Install bt4-Final single user with shellscript
#Written by aBi71 juni-2010
#l0g[dot]bima[at]gmail[dot]com
#https://abi71.wordpress.com, http://projects.gxrg.org
#credits : all gxrg crew
echo -e "\nTabel partisi pada disk anda :"
echo "--------------------------------------------------------------------------------"
echo; fdisk -l | grep /dev/
echo "--------------------------------------------------------------------------------"
echo -e "\n[!] PERHATIAN : Harap sebelumnya anda telah menyediakan partisi untuk backtrack.
                Partisi yang salah dapat menyebabkan kehilangan data.\n"
echo -n "Partition ? "
read sda;
echo; mkreiserfs /dev/$sda
#membatalkan ke proses selanjutnya, jika didapat pesan disk failed
echo -e -n "\n\nLanjutkan proses installasi [Y/n] ? "
read next;
if [ $next == "Y" ] || [ $next == "y" ]; then
     echo -e "\nSilakan tunggu..."
     echo; mkdir /tmp/bt
     echo; mount /dev/$sda /tmp/bt
     echo; cp --preserve -R /{bin,home,pentest,root,usr,boot,etc,lib,opt,sbin,var} /tmp/bt
     echo; mkdir /tmp/bt/{dev,mnt,tmp,media,proc,sys}
     echo; mount -t proc proc /tmp/bt/proc/
     echo; mount -o bind /dev /tmp/bt/dev/
     echo; cp --preserve -R /media/cdrom0/boot/{bootsplash,vmlinuz,initrd.gz} /tmp/bt/boot
     echo; chroot /tmp/bt /bin/bash
fi
exit 0
 

Download => here

Kemudian lakukan booting, pada saat memilih pilihan menu installasi pilih menu yang default atau text mode.

jalankan script..

root@bt:~#  bash /media/cdrom0/installbt4.sh

masukan partisi system, disini partisi yang mw di install bt adalah sda6.

Tabel partisi pada disk anda :
--------------------------------------------------------------------------------

Disk /dev/sda: 320.0 GB, 320072933376 bytes
/dev/sda1   *           1       15582   125155328    7  HPFS/NTFS
/dev/sda2           15583       38913   187406227    f  W95 Ext'd (LBA)
/dev/sda5           15583       31043   124190451    7  HPFS/NTFS
/dev/sda6           36281       38913    21149541   83  Linux
/dev/sda7           31044       31551     4076544   82  Linux swap / Solaris
/dev/sda8           31551       36280    37987328   83  Linux
Disk /dev/sdb: 2003 MB, 2003795968 bytes
/dev/sdb1   *           1         243     1951866    6  FAT16
--------------------------------------------------------------------------------

[!] PERHATIAN : Harap sebelumnya anda telah menyediakan partisi untuk backtrack.
                Partisi yang salah dapat menyebabkan kehilangan data.

Partition ? sda6

Untuk melanjutkan install masukan y/Y. Disini proses copy ke disk sedang berlangsung, jd silakan tunggu beberapa menit..

ReiserFS is successfully created on /dev/sda6.

Lanjutkan proses installasi [Y/n] ? y

Silakan tunggu...

now edit grub, misal pada saat input partisi adalah “sda6” maka rootnya jadi “hd0,5”, karena 1 dihitung dari 0 (lebih gampangnya sda6-1=hd0,5). jadi edit grub persis kaya gini gan…

root@bt:~#  nano  /boot/grub/menu.lst

default 0
timeout 30

splashimage=(hd0,5)/boot/grub/bt4.xpm.gz

title                Backtrack 4
root                (hd0,5)
kernel              /boot/vmlinuz root=/dev/sda6  rw vga=0x317
initrd               /boot/initrd.gz

#klo dual boot sama windows
title                Windows
root                (hd0,0)
chainloader +1

langkah terakhir install grub.

root@bt:~# grub

grub> find /boot/grub/stage1
(hd0,0)
grub> root (hd0,5)
grub> setup (hd0)
grub> quit

ray say : enaknya install manual? jelas kita udah enggak kenal SUDO lagi ^^ lagian backtrack kan bukan buat server ngapain pake user segala? 99% orang pake backtrack buat single use bukan buat multiple user, jadi manual aja cok!

Go0D LucK !

Advertisements
This entry was posted in BackTrack, Linux. Bookmark the permalink.

One Response to Manual Install bt4 final dengan shellscript

  1. Pingback: Seting GRUB pada ubuntu « Sang Pemimpi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s